Tuesday, October 14, 2008

Let's buy and sell, its fun!

Halo.. Selamat datang di term 2 semester 1. Setelah libur lebaran kita mulai lagi kegiatan di sekolah. Tema kita kali ini adalah tentang perdagangan ( wah , kelihatannya tema yang serius nih..) jangan khawatir materinya tidak sesulit yang kita bayangkan kok. Supaya materinya tidak terlau luas kita persempit dan lebih fokus ke kegiatan jual beli di pasar dan supermarket. Ditambah lagi karena waktunya yang hanya 8 minggu efektif.

Kegiatan ini akan dimulai dengan mengumpulkan uang Rp.20.000 dari setiap anak untuk modal usaha kantin dan pasar murah. Insya Allah kantin kelas akan dibuka dari tanggal 20 s/d 24 Oktober 2008. Pada tanggal tersebut anak-anak tidak perlu membawa snack tapi membawa uang uang maksimal 5000 untuk dibelikan snack. Nanti secara bergantian ada anak yang bertugas menyiapkan makanan untuk dijual dan menjaga toko.

Setelah membuat kantin kelas, lalu anak-anak akan membuka kantin mini sekolah dimana semua anak dan guru serta staf boleh membeli. Juga akan dibuat "Warung Kejujuran " untuk menguji sampai sejauh mana kejujuran anak-anak . Di warung tersebut tidak ada penjaga toko, sehingga apabila ingin membeli barang tinggal menaruh uang di kotak yang disediakan sesuai harga yang tertera pada barang.

oya, mereka juga akan melakukan fieldtrip ke pasar tradisional dan pasar modern untuk membuat perbandingan. Setelah melihat-lihat dan melakukan wawancara dengan pedagang pasar tradisional, anak-anak akan diajak berdiskusi dan membuat solusi bagaimana agar pasar tradisional tetap bertahan ditengah banyaknya mal-mal yang ada di kota.

Akhirnya kegiatan berjualan ditutup dengan kagiatan pasar murah sekaligus sebagai tugas proyek akhir anak-anak . Uang modal dan keuntungan yang terkumpul akan dibagikan secara adil di setiap kelompok dan akan dikembalikan lagi pada anak-anak.

asyik bukan ? Ayo! anak-anak, kita jualan !

No comments: